BMKG Imbau Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem di Yogyakarta

BMKG-Imbau-Masyarakat-Waspada-Cuaca-Ekstrem-di-Yogyakarta

ILUSTRASI: Kondisi kawasan Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo yang dikepung air akibat aliran sungai meluap. (Istimewa/Lingkar.news)

YOGYAKARTA, Lingkar.news Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yogyakarta, mengimbau masyarakat mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), selama beberapa hari ke depan.

“Mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan puting beliung,” kata Kepala Stasiun Meteorologi BMKG Yogyakarta Warjono melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, pada Senin, 28 Februari 2023.

Menurutnya, curah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, bahkan dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi 28 Februari sampai 02 Maret 2023.

Ia mengatakan, kondisi cuaca selama periode tersebut dipicu adanya pusat tekanan rendah di utara Australia yang membentuk pola pertemuan angin (konvergensi) yang memanjang di pesisir selatan Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara Barat.

Menurutnya, profil vertikal kelembapan udara yang tinggi mencapai lebih dari 70 persen dan labilitas lokal pada siang hari yang cukup kuat turut berkontribusi terhadap pembentukan awan hujan di wilayah DIY.

“Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi cuaca ekstrem dalam periode tiga hari ke depan,” ujar dia.

Warjono menyebutkan pada 28 Februari 2023, cuaca ekstrem berpotensi terjadi di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo, dan Gunungkidul bagian selatan.

Berikutnya, pada 1 Maret 2023 terjadi di Sleman, Bantul bagian Utara, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul.

Sedangkan pada 2 Maret 2023 berpotensi terjadi di Kota Yogyakarta, Sleman, Bantul, Kulon Progo bagian Utara, dan Gunungkidul bagian Utara. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version