Tuban Terima Penghargaan Sijalinmajataru Tahun 2023

Tuban Terima Penghargaan Sijalinmajataru Tahun 2023

Gubernur Jatim saat hadiri acara gelar pasukan apel siaga - Dok. Humas Tuban

Tuban, Lingkar.news – Kabupaten Tuban menerima penghargaan terbaik ke-3 Kabupaten/Kota Teraktif pada Patroli Sigap Jaga Lindungi Masyarakat Jawa Timur (Sijalinmajataru) tahun 2023. 

Penghargaan tersebut diserahkan Gubernur Jawa Timur, Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., di Alun-alun Tuban, Rabu 8 Maret 2023. 

Penyerahan penghargaan diserahkan pada Gelar Pasukan Apel Siaga dalam Rangka Peringatan HUT ke-73 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke-61 Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan ke-104 Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan tingkat Provinsi Jawa Timur. 

Hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Indra Gunawan, Kasatpol PP Jawa Timur, Muhammad Hadi Wawan Guntoro serta sejumlah bupati/walikota di Jawa Timur.

Baca Juga : Diserang Hama Wereng, Pemkab Tuban Ajak Petani Lakukan Gerdal OPT

Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menginstruksikan agar personel Satpol PP, Satlinmas, dan Damkar menjunjung tinggi profesionalitas, humanis, dan intergritas dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Etos kerja tersebut hendaknya dapat terus ditingkatkan mengingat pada tahun 2023 dan 2024 menjadi tahun politik. Karenanya, perlu untuk menjaga kerukunan dan guyub rukun antarwarga. 

Adapun tema yang diangkat dari Peringatan HUT ke-73 Satpol PP, HUT ke-61 Satlinmas dan ke-104 Damkar dan Penyelamatan ini yakni ‘Mewujudkan wilayah Jatim yang tertib dan ramah investasi melalui Satuan Polisi Pamong Praja dan satuan pelindungan masyarakat serta Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan yang profesional’.

Gubernur Khofifah menjelaskan kondisi masyarakat yang kondusif akan mampu meningkatkan iklim investasi di Jawa Timur. Hal tersebut menjadi tanggung jawab semua lapisan masyarakat. Terutama jajaran aparatur pemerintah harus menjadi teladan di lingkungan sekitarnya. 

“Investasi menjadi salah satu jalan untuk mendukung percepatan pemulihan ekonomi di Jawa Timur,” sambungnya.

Gubernur Jatim menyampaikan apresiasi, terima kasih dan rasa bangganya atas seluruh dedikasi pengabdian dalam mengemban tugas. Terutama dalam memberikan perlindungan serta pelayanan yang tulus demi mewujudkan rasa aman,  tertib, tenteram, dan kondusif  kepada masyarakat.

Sekretaris Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri RI, Indra Gunawan mengatakan peran satpol turut serta menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Hal tersebut mendukung upaya Pemprov Jatim untuk meningkatkan investasi. 

Baca Juga : Anak Tertipu Investasi Bodong, Ibu di Tuban Rela Jual Ginjal untuk Bayar Hutang Pinjol

“Kesempatan ini menjadi momen bersama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi pascapandemi Covid-19,” ujarnya. 

Sementara itu, Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky, SE., menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diterima Kabupaten Tuban. Capaian ini menjadi jawaban atas kerja keras dan sinergitas bersama masyarakat Kabupaten Tuban. 

“Prestasi ini menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tuturnya. 

Menindaklanjuti arahan Gubernur Jawa Timur, Mas Lindra meminta seluruh aparatur Pemkab Tuban menjadi percontohan dalam menjaga kerukunan masyarakat. Memasuki tahun politik, sosialisasi dan edukasi kepada masyakat perihal kerukunan antarwarga akan dimasifkan. Menurutnya, sinergitas dan kolaborasi sangat diperlukan guna menyukseskan program membangun Kabupaten Tuban. Sehingga mampu menciptakan iklim investasi positif yang bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Kabupaten Tuban. 

Untuk diketahui, Gubernur Khofifah didampingi Sekretaris Bina Adwil Kemendagri Indra Gunawan turut menyerahkan berbagai penghargaan. Di antaranya Penghargaan Sijalinmajataru kepada Bupati Nganjuk, Walikota Malang dan Bupati Tuban. Penghargaan Pelaporan Data Terintegrasi Satpol PP Kab/Kota Tahun 2022 kepada Kepala Satpol PP Kabupaten Gresik, Kepala Satpol PP Kabupaten Bondowoso dan Kepala Satpol PP Kabupaten Jember.

Kemudian penghargaan sinergitas dan partisipasi aktif dalam penyelenggaraan ketertiban umum, ketentraman masyarakat, dan perlindungan masyarakat di Provinsi Jawa Timur yang diserahkan kepada Kogartap III Surabaya, Polda Jatim, Kalaksa BPBD Provinsi Jatim, Direktur Baja Ringan Kencana, dan Direktur JTV. Serta penghargaan anggota Linmas yang mengabdi lebih dari 30 Tahun. Juga diserahkan bantuan beasiswa dari Gubernur Jawa Timur dan kontribusi Baznas Jatim dan Forkom Satpol PP. 

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Khofifah didampingi Bupati Tuban Aditya Halindra menyempatkan untuk meninjau stan pameran UMKM Kabupaten Tuban.  (Sumber : Humas Kab. Tuban)

Exit mobile version