Sampah di Surabaya Tembus 1.600 Ton per Hari, Warga Dilarang Pakai Kantong Plastik

Sampah di Surabaya Tembus 1.600 Ton per Hari, Warga Dilarang Pakai Kantong Plastik

POTRET: Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Benowo Kota Surabaya, Jawa Timur. (Istimewa/Lingkar.news)

SURABAYA, Lingkar.news Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya menyatakan, sampah yang masuk ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, mencapai sekitar 1.500 hingga 1.600 ton setiap harinya.

“Jumlah sampah itu biasanya akan meningkat sekitar 100-200 ton saat memasuki bulan Ramadhan. Apalagi kalau mau Hari Raya (Idul Fitri), kenaikan (sampah ke TPA) itu bisa sampai 400-500 ton,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro dalam keterangan tertulisnya di Surabaya, pada Senin, 20 Maret 2023.

Pihaknya telah mengeluarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya, tentang Imbauan Bulan Ramadhan Tanpa Sampah pada 15 Maret 2023.

Dalam SE tersebut dijelaskan terkait pengurangan sampah yang telah diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Surabaya Nomor 5 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Sampah dan Kebersihan di Surabaya, sebagaimana diubah dengan Perda Surabaya Nomor 1 Tahun 2019.

Menurutnya, SE ini sebagai bagian dari upaya Pemkot Surabaya untuk menggelorakan Gerakan Ramadhan Tanpa Sampah.

“Surat Edaran Wali Kota Surabaya (telah disebarkan) kepada RT/RW, camat dan lurah agar Ramadhan ini tanpa sampah,” ujar Hebi.

Selain bertujuan mengurangi sampah, Hebi juga mengimbau masyarakat untuk menghindari penggunaan kantong plastik saat bulan Ramadhan. Sebab menurutnya, ketika Ramadhan, biasanya banyak komunitas, kelompok, atau warga, yang membagikan takjil dengan kantong plastik.

“Kalau mau memberikan takjil dan sebagainya, kalau bisa jangan pakai plastik. Disuruh makan di situ (tempat), kemudian nanti (sampahnya) dikumpulkan biar tidak ke mana-mana,” ucapnya.

Menurutnya, langkah itu penting dilakukan sebagai bagian dari upaya gerakan tanpa kantong plastik, termasuk pula menghindari pemakaian gelas atau botol minum kemasan plastik. 

Tak hanya itu Hebi juga berpesan kepada masyarakat untuk tidak membuang sisa makanan. Menurut Hebi, saat buka puasa, orang akan cenderung lebih banyak mengambil makanan yang justru kemudian tidak habis dimakan.

“Sebisa mungkin makan itu habis. Tidak enak langsung dibuang, ini jadi sampah. Biasanya orang puasa kepinginnya semua dimakan. Kemudian ambil banyak, yang dimakan separuh, separuhnya dibuang. Nah, hindari hal-hal seperti itu,” imbaunya.

Hebi mengakui, upaya untuk meminimalisir sampah yang masuk ke TPA Benowo saat Ramadhan tidak akan berhasil jika hanya dilakukan oleh DLH Surabaya.

Oleh sebab itu, tambahnya, sosialisasi ini dibutuhkan peran serta dari semua pihak mulai dari kecamatan, kelurahan hingga RT/RW.

“Harusnya yang sosialisasi jangan DLH saja, kelurahan, kecamatan RT/RW dan sebagainya. Untuk peraturan Wali Kota juga sudah kami sebarkan ke RT/RW, pelaku-pelaku usaha. Jadi kita bareng-bareng mengimbau seperti itu,” pungkasnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version