Pemkab Bojonegoro Permudah Pencairan Dana Desa lewat Website SIAP Desa

Pemkab Bojonegoro Permudah Pencairan Dana Desa lewat Website SIAP Desa

TAMPILAN: Halaman depan website resmi SIAP Desa milih Pemkab Bojonegoro. (Tangkapan Layar SIAP Desa/Lingkar.news)

BOJONEGORO, Lingkar.news Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah mencairkan Dana Desa (DD) Tahap I tahun 2023. Proses pencairan pun kini lebih mudah karena melalui portal SIAP Desa yang terintegrasi melalui sistem.

Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin menjelaskan, dengan adanya SIAP Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) maupun masyarakat umum dapat melihat proses pencairan DD melalui https://siapdesa.bojonegorokab.go.id/ pada menu Proposal Dana Transfer. Di sana, proses bisa dilihat langsung dengan mudah dan cepat.

“Kami membuat terobosan melalui SIAP Desa. Kecepatan prosesnya bisa dilihat di sana. Jika ada kekurangan pun bisa dilihat langsung dari notifikasi sehingga dari kecamatan/desa bisa langsung merevisi. Semua melalui sistem ini untuk memudahkan desa,” kata Kepala DPMD Kabupaten Bojonegoro Machmuddin pada Selasa, 11 April 2023.

Adapun berdasarkan data DPMD Kabupaten Bojonegoro, sebanyak 338 desa dari 419 desa telah melakukan pencairan DD Tahap I.

Sementara desa yang belum mengajukan proposal ada 7 desa. Sedangkan 74 desa masih dalam proses verifikasi baik dari DPMD, kecamatan, maupun BPKAD.

Diketahui, untuk batas pengajuan, paling cepat pada bulan Januari dan paling lambat pada bulan Juni. Dana Desa sendiri pendanaannya melalui APBN.

Pihak DPMD, lanjut Machmuddin, menekankan agar Pemerintah Desa yang belum untuk segera mengirimkan kelengkapan.

Untuk yang masih proses verifikasi, juga diimbau untuk segera dipenuhi sesuai dengan apa yang diverifikasi.

“Karena sekarang sudah by system, sehingga desa tidak perlu lagi bolak-balik untuk mengurus DD,” pungkasnya. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version