Pemkab Bojonegoro Buka Pendaftaran Duta Wisata Kange Yune 2023

Pemkab Bojonegoro Buka Pendaftaran Duta Wisata Kange Yune 2023

POTRET: Juara I Duta Wisata Kange Yune Bojonegoro tahun 2021. (Dok. Pemkab Bojonegoro/Lingkar.news)

BOJONEGORO, Lingkar.news – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro, Jawa Timur melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) kembali membuka seleksi pemilihan Duta Wisata Kange Yune 2023 dan Desainer Muda Bojonegoro 2023.

Tema yang diambil yaitu ‘Memayu Hayuning Bojonegoro’. Pemkab Bojonegoro menggelar event ini, bertujuan untuk mencari dan menyeleksi putra-putri daerah yang unggul. Pendaftaran dibuka mulai Senin, 1 Mei 2023 hingga Minggu, 25 Juni 2023.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Budianto mengatakan, adanya seleksi Duta Wisata Kange Yune 2023 ini diharapkan dapat menjaring pemuda yang potensial untuk menjadi ikon dan role model positif, serta sebagai wakil dari Bojonegoro untuk kemajuan pariwisata Bojonegoro.

“Pemilihan Duta Wisata Kange Yune Bojonegoro ini menjadi kegiatan Disbudpar yang dilaksanakan setiap 2 tahun sekali,” kata Budianto.

Lebih lanjut, Budianto menjelaskan, pemilihan Duta Wisata Kange Yune Bojonegoro telah diadakan sejak tahun 1990.

Menurutnya, event ini telah melahirkan putra-putri Bojonegoro yang memiliki tanggung jawab dan mampu mengembangkan potensi yang dimiliki daerah yakni potensi seni budaya, pariwisata, ekonomi kreatif maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

“Selain guna menjaring dan menyeleksi putra-putri daerah menjadi Duta Wisata, juga diharapkan mampu berkontribusi mengangkat nama Kabupaten Bojonegoro khususnya di bidang seni budaya, pariwisata, dan ekonomi kreatif. Nantinya, mereka juga akan mewakili Kabupaten Bojonegoro dalam ajang pemilihan Raka-Raki Jawa Timur,” tuturnya.

Diketahui, kriteria pemilihan Duta Wisata Kange Yune 2023 yaitu laki-laki dan perempuan, berdomisili di Kabupaten Bojonegoro dibuktikan dengan KTP / KK / SIM / Surat Keterangan / identitas lainnya.

Berusia 16-23 Tahun pada Agustus 2023, belum menikah dan belum memiliki anak, sehat jasmani rohani dengan tinggi badan ideal serta proporsional.

Berkepribadian baik dan berpenampilan menarik, berjiwa volunteer dan berwawasan luas, memiliki kemampuan komunikasi yang baik termasuk bisa Bahasa Inggris.

Berkomitmen dan bertanggung jawab, memiliki prestasi akademik serta non akademik yang dibuktikan dengan melampirkan fotokopi sertifikat atau piagam (jika ada). Selain itu, tidak sedang menjabat sebagai duta wisata di daerah lain.

Sedangkan untuk syarat administrasinya terdiri dari formulir pendaftaran (K-01), CV, dan fotocopy KTP / KK / SIM / Identitas lainnya.

Kemudian Surat Izin Orang Tua (K-02), Surat Bersedia menjadi Duta Wisata (K-03), surat kesanggupan mengikuti rangkaian kegiatan pemilihan (K-04), fotocopy piagam jika memiliki.

Selanjutnya, pas foto 3×4 dan 4×6, foto close up dan seluruh badan ukuran 4R Background Putih masing-masing 1 Lembar.

Calon peserta juga diharuskan untuk membuat essay tentang “Sustainable Tourism: Preserving the beauty of our Bojonegoro” minimal 1.000 kata dengan format bebas dan menarik.

Pemkab Bojonegoro juga memberikan informasi bahwa, keterangan (K-01), (K-02), (K-03), dan (K-04) dapat didownload melalui www.wisatabojonegoro.com

Para peserta Pemilihan Duta Wisata Kange Yune Bojonegoro dapat mengunduh formulir dan melakukan Pendaftaran melalui linktr.ee/KangeYune2023. Sedangkan berkas asli pendaftaran diserahkan pada saat seleksi pertama. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya apapun. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version