Mahasiswa UNESA Bisa Lulus Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Mahasiswa UNESA Bisa Lulus Tanpa Skripsi, Ini Syaratnya

Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo (tengah) dan pejabat lainnya berfoto dengan para kontingen saat pembukaan ASEAN University Games (AUG) 2024 di GOR Basket Unesa, Surabaya, Jawa Timur, Selasa, 25 Juni 2024. (Antara-Moch Asim/Lingkar.news)

SURABAYA, Lingkar.news – Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerapkan program khusus. Program ini menyasar mahasiswa berprestasi, baik Strata 1 (S1), Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) hingga peluang menjadi dosen. Salah satu yang menjadi perhatian pihak UNESA, adalah mahasiswa berprestasi yang mengikuti ajang ASEAN University Games (AUG) ke-21 tahun 2024.

Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, dalam keterangannya di Surabaya pada Rabu, menjelaskan bahwa dari total 392 atlet Indonesia yang berpartisipasi dalam AUG, lebih dari 100 orang adalah mahasiswa Unesa.

Untuk mengapresiasi mahasiswa berprestasi tersebut, Nurhasan, juga akan meluluskan tanpa skripsi.

“Kami siapkan lulus tanpa skripsi, beasiswa S2 dan S3 termasuk yang bawa obor api AUG Rachmat Irianto, juga kami beri beasiswa S2 hingga S3,” ucapnya.

Pesepak bola Rachmat Irianto, yang saat ini bermain untuk klub Persib Bandung, juga akan diberikan kesempatan untuk mengajar sebagai dosen di Unesa.

 “Kami siapkan juga kursi untuk jadi dosen di Unesa ini,” tambah Prof. Nurhasan.

Lebih lanjut, Prof. Nurhasan menjelaskan bahwa Unesa dikenal dengan keunggulannya di bidang olahraga, sehingga universitas selalu mempersiapkan atlet-atlet terbaik untuk memperkuat Indonesia dalam ajang internasional seperti ASEAN University Games.

“Unesa memang unggulannya olahraga sehingga ketika ada even-even seperti Asean University Games ini dan sebagainya selalu terbanyak, jadi kami siapkan betul atlet untuk memperkuat Asean University Games ini sehingga harapannya Indonesia bisa menjadi juara umum,” ujarnya.

Prof. Nurhasan juga menekankan komitmen Unesa untuk selalu memberikan yang terbaik bagi mahasiswa berprestasi dengan menjalin kerja sama dengan berbagai pemangku kepentingan.

“Jadi upaya-upaya itu juga kami dorong terus untuk perguruan tinggi lainnya agar memperhatikan atlet-atlet yang berprestasi baik itu terkait dengan proses pembelajarannya yang dikemas atau diformulasikan secara khusus,” tuturnya.

Dengan pendekatan ini, Unesa berharap para atlet dapat sukses tidak hanya dalam prestasi olahraga tetapi juga dalam akademis mereka

 “Karena kami di Unesa ini sebagai percontohan, jadi formulanya sudah kami berikan kepada para rektor dan saat ini mereka sudah membuat formula-formula itu,” ujar Prof. Nurhasan. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

Exit mobile version