Usai Terima THR, Pekerja Rokok Kudus Sambut Gembira Pencairan BLT DBHCHT

Usai Terima THR, Pekerja Rokok Kudus Sambut Gembira Pencairan BLT DBHCHT

PENYALURAN BLT: Pekerja rokok saat menerima BLT DBHCHT Tahap I di Brak Djarum Desa Megawon, belum lama ini. (Nisa Hafizhotus Syarifa/Lingkar.news)

KUDUS, Lingkar.news – Ramadhan penuh berkah, nampaknya turut dirasakan masyarakat Kabupaten Kudus, Jawa Tengah khususnya bagi para pekerja rokok. Pasalnya, usai kemarin menerima Tunjangan Hari Raya (THR) dari perusahaan, kali ini mereka kembali menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun anggaran 2023.

Raut wajah bahagia terpancar dari Sri Wartini, warga Desa Klaling, Kecamatan Jekulo. Pekerja rokok di Brak Djarum Desa Megawon, Kecamatan Jati itu mengaku bersyukur BLT dari dana cukai bisa disalurkan sebelum lebaran. 

Pasalnya, ia akan menggunakan BLT tersebut untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, khususnya di hari lebaran nanti. BLT ini juga akan digunakan untuk berbagi dengan sanak keluarganya.

Matur nuwun (terima kasih, red) Pak Bupati, saya sangat terbantu dengan bantuan ini. Akan saya pergunakan untuk mencukupi kebutuhan rumah tangga, termasuk memberi ‘wisit’ pada sanak keluarga saat lebaran nanti,” kata Sri Wartini.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Siti Saudah warga Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae. Ia yang bekerja di Primary Krapyak tersebut mengaku bahagia karena setelah menerima THR juga menerima BLT DBHCHT.

“Senang dan bahagia dengan adanya tambahan ini. Kemarin sudah dapat THR Rp 2,5 juta lalu dapat BLT cukai Rp 600 ribu untuk dua bulan,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa akan menggunakan BLT ini untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Terutama untuk membeli baju lebaran, sembako, makanan hingga kebutuhan keluarga lainnya.

“Ini rencana mau saya gunakan untuk memenuhi kebutuhan saat Hari Raya Idul Fitri nanti,” sebutnya.

Senada, Nurul Hidayah yang juga bekerja di Primary Krapyak juga senang dengan adanya penyaluran BLT sebelum lebaran ini. Selain itu, proses penyalurannya pun dinilai mudah dan tidak rumit.

Ia sendiri melakukan pencairan BLT DBHCHT di Kantor Pos Kudus pada Minggu, 16 April 2023. Menurutnya, proses penyaluran BLT DBHCHT berjalan lancar tanpa berdesak-desakan.

“Ini terima BLT dari dana cukai provinsi Rp 600 ribu. Nunggu proses penyalurannya tidak lama, tidak sampai satu jam karena sudah ada jadwal mengambilnya, sudah diumumkan sama perusahaan,” tuturnya. (Lingkar Network | Nisa Hafizhotus Syarifa – Koran Lingkar)

Exit mobile version