Tangani Stroke, RSUD Soewondo Kendal Siapkan Tim Solid

Tangani Stroke, RSUD Soewondo Kendal Siapkan Tim Solid

POTRET: Wakil Direktur RSUD Soewondo Kendal, dr. Mastutik, M.Kes (Arvian Maulana/Lingkar.news)

KENDAL, Lingkar.news – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H Soewondo atau RSUD Soewondo Kendal telah menyiapkan tim solid yang akan melakukan penanganan dengan segera terhadap pasien dengan gejala stroke. Hal ini, untuk mendukung layanan Siagameni Stroke.

Seperti yang disampaikan Wakil Direktur RSUD Soewondo Kendal, dr. Mastutik, M.Kes saat Talkshow bersama Lingkar Media Group, pada Rabu, 21 Juni 2023 bahwa, RSUD Soewondo Kendal memiliki tim yang solid yang akan memberikan penanganan yang baik dan cepat kepada pasien.

“Ketika pasien tiba di IGD, dokter akan langsung melakukan pemeriksaan untuk mengetahui apakah stroke ini stroke ringan atau berat. Juga nanti akan dilakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan CT Scan kepala,” kata dr. Mastutik.

Tren Penyakit Stroke Naik, RSUD Soewondo Kendal Siapkan Layanan Siagameni Stroke

Menurut dr. Mastutik, dengan adanya tim yang solid tersebut, diharapankan pasien yang terkena serangan stroke, mulai dari pasien datang hingga pemeriksaan dapat ditangani dalam waktu maksimal 30 menit.

“Dari hasil CT Scan tersebut maka langsung akan ditangani sesuai dokter spesialis syaraf maupun bedah syaraf. Dari penanganan tim yang solid ini, diharapkan pasien dapat ditangani dengan baik dan komplikasi dari stroke bisa seminimal mungkin,” paparnya.

Selain tim yang solid, untuk penanganan stroke RSUD Soewondo Kendal juga akan segera mendapatkan alat-alat penunjang dari Kementerian Kesehatan yakni berupa Scan 128 Slice dan Cath Lab.

“Di mana CT Scan ini nanti mampu melakukan pemerikasaan apakah ini stroke sumbatan atau stroke pudaran. Sedangkan Cath Lab ini akan memberikan pengobatan untuk intervensi penyakit stroke dengan teknologi canggih,” imbuhnya.

Ia juga menjelaskan, tim RSUD Kendal telah diberikan pelatihan terkait tata cara melakukan langkah yang cepat dan sigap dalam penanganan pasien stroke. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version