Sambut Lebaran, Pemkab Jepara Siapkan Strategi Amankan Stok Bahan Pokok dan Arus Mudik

Sambut Lebaran, Pemkab Jepara Siapkan Strategi Amankan Stok Bahan Pokok dan Arus Mudik

SINERGISITAS: Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif (tengah), Kabag Perekonomian Setda Jepara Siti Nurjanah (kanan), dan Sub Koordinator Media Massa Diskominfo Jepara Muhammad Safrudin (kiri) foto bersama usai Dialog Interaktif Jaring Asmara terkait persiapan menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

JEPARA, Lingkar.news Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif Jaring Aspirasi Masyarakat Jepara (Jaring Asmara) terkait persiapan menghadapi Idul Fitri 1444 Hijriah. Pada kesempatan itu, Gus Haiz, sapaan akrab Ketua DPRD Jepara didampingi Kabag Perekonomian Setda Jepara Siti Nurjanah.

Bertindak sebagai moderator dalam acara tersebut adalah Sub Koordinator Media Massa Diskominfo Jepara, Muhammad Safrudin. Acara dilaksanakan di Radio R-Lisa, pada Kamis, 13 April 2023.

Gus Haiz mengatakan, menjelang berakhirnya bulan Ramadhan pastinya membutuhkan banyak persiapan dalam menyambut hari kemenangan umat Islam yaitu Idul Fitri. Di antara kebutuhan yang harus dipersiapkan adalah ketersediaan bahan pokok, stabilisasi harganya, ketersediaan BBM, dan perantau yang melaksanakan mudik.

Menyikapi ketersediaan stok pangan yang menipis dan naiknya harga-harga kebutuhan pokok, Gus Haiz menyatakan solusinya adalah dengan cara menggelar operasi pasar atau pasar murah. Tujuannya untuk meningkatkan daya beli, mengendalikan inflasi, dan menjaga stabilitas harga.

“Saya mengapresiasi kegiatan Pasar Murah yang digagas Pemkab Jepara. Harapannya, saling bersinergi untuk merespon warga mempersiapkan kebutuhan Lebaran bisa berjalan secara kontinu,” kata Gus Haiz.

Selain itu, lanjut Gus Haiz, arus lalu lintas saat Lebaran juga harus diperhatikan. Termasuk infrastruktur yang menunjang. Salah satunya jalan yang banyak mengalami kerusakan. Baik itu jalan nasional, provinsi, dan kabupaten.

Pihaknya juga meminta dinas terkait, agar sebelum Lebaran perbaikan jalan supaya dikebut. Hal ini untuk memperlancar arus lalu lintas. Terutama setelah Idul Fitri, banyak warga lokal maupun luar daerah yang ingin berwisata.

“Kami sudah berkoordinasi dengan dinas terkait. Perbaikan jalan agar dipercepat,” tegas Gus Haiz.

Sementara itu, Kabag Perekonomian Setda Jepara Siti Nurjanah menjelaskan terkait ketersediaan bahan pokok menjelang Lebaran, Pemkab Jepara sudah menyiapkan skemanya. Seperti gas elpiji dan BBM kuotanya akan ditambah, sehingga stoknya mencukupi.

Tidak hanya itu, Siti Nurjanah menyampaikan bahwa Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta telah meluncurkan program pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari Program Keluarga Harapan (PKH), maupun KPM Bantuan Pangan Non Tunai yang tersebar di 16 kecamatan. Mereka akan menerima 10 kilogram beras.

“Mereka akan menerima sebanyak tiga kali. Ini sebagai upaya meringankan masyarakat dan menstabilkan harga di pasaran, terutama menjelang Idul Fitri,” kata Siti Nurjanah.

Ia menjelaskan, untuk penyaluran bantuan tersebut dilakukan oleh Pj Bupati Jepara Edy Supriyanta dengan melepas truk-truk pengangkut beras cadangan pemerintah di Gudang Bulog 207 di Desa Rengging, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara. Jumlah penerima bantuan beras sebanyak 131.785 KPM yang tersebar di seluruh wilayah kecamatan. Nominal bantuannya mencapai  1.317 ton.

Lebih lanjut, Siti Nurjanah menuturkan terkait kebutuhan para pemudik, Pemkab Jepara sudah menyiapkan dua armada bus untuk mudik gratis bagi warga Jepara yang ada di perantauan. Bus tersebut akan berangkat 16 April 2023 menuju Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai titik kumpul, dan tiba di Jepara pada 17 April 2023. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version