Ketua DPRD Jepara Gus Haiz Tekankan Pembangunan Infrastruktur Tahun 2024

Ketua-DPRD-Jepara-Gus-Haiz-Tekankan-Pembangunan-Infrastruktur-Tahun-2024

BERI ARAHAN: Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma'arif saat memberikan arahan dalam Musrenbangkab di Pendopo Kartini. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

JEPARA, Lingkar.news Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif meminta persoalan infrastruktur di tahun 2024 tidak terabaikan meskipun tema RKPD tahun 2024 tidak ada kaitannya dengan infrastruktur. Hal tersebut disampaikannya saat Musrenbangkab di Pendopo Kartini, Jepara, Jawa Tengah, pada Selasa, 14 maret 2023.

“Mengingat bahwa kita melihat capaian kerja, capaian program infrastruktur pada tahun ini masih perlu banyak peningkatan, sehingga kami berharap betul soal infrastruktur di tahun 2024 terus ditingkatkan volumenya sesuai dengan skala prioritas. Bagi saya hanya dua saja yaitu, pembangunan fisik dan juga pembangunan mental dan spiritual. Pembangunan fisik khususnya jalan harus menjadi perhatian betul,” kata Gus Haiz sapaan akrab Ketua DPRD Jepara, Haizul Ma’arif.

Dari hal itu, Gus Haiz memohon kepada Bappeda Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2024 Jepara harus mendapatkan perhatian serius terkait dengan jalan yang menjadi kewenangan provinsi.

Selain itu, pihaknya juga meminta bantuan kepada provinsi untuk bisa membantu meningkatkan status jalan dari provinsi ke status jalan nasional, yaitu mulai Mulyoharjo sampai ke perbatasan Pati.

Jaga Ketahanan Pangan, Ketua DPRD Jepara Gus Haiz Komitmen Kendalikan Alih Fungsi Lahan

“Saya ingat betul beberapa tahun yang lalu DPRD Jepara konsultasi ke Kementerian PUPR, tentang peningkatan status jalan tersebut untuk ditingkatkan menjadi jalan nasional. Kami berharap betul untuk pendampingan persoalan ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk jalan yang menjadi kewenangan kabupaten, Gus Haiz berharap dalam penyusunan RKPD ada kuota kapasitas yang lebih untuk pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kewenangan kabupaten. Dengan tetap mengutamakan skala prioritas, yaitu di jalan-jalan yang kondisinya saat ini betul-betul rawan dan rusak parah.

“Kondisi beberapa jembatan di Kabupaten Jepara juga banyak yang kondisinya cukup memprihatinkan, kami berharap OPD terkait untuk bisa mengecek kondisinya sejauh mana yang menjadi prioritas, sehingga akses ekonomi masyarakat tidak terganggu,” tuturnya.

Ketua DPRD Jepara Gus Haiz Ajak Penggiat Medsos Putus Penyebaran Hoax

Selain hal-hal tersebut, pihaknya juga berharap RTLH di tahun 2024 di bidang sosial bisa tetap terakomodir, dengan memperhatikan skala prioritas kebutuhan masyarakat. Kemudian untuk di bidang kesehatan penting adanya pendampingan biaya kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu.

“Mengingat Jepara baru sekali dalam hal penyediaan anggaran bantuan untuk kesehatan, kalau perlu ini ditingkatkan karena banyak masyarakat yang kurang mampu yang betul-betul butuh bantuan akses kesehatan,” ungkapnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version