Jaga Keamanan Pengunjung, Pemkab Jepara Imbau Perahu Wisata Miliki Surat Izin Berlayar

Jaga Keamanan Pengunjung, Pemkab Jepara Imbau Perahu Wisata Miliki Surat Izin Berlayar

ASYIK BERLIBUR: Sejumlah wisatawan berada di atas perahu saat berwisata di Pantai Iboih, Kota Sabang, Aceh. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

JEPARA, Lingkar.news Pemerintah Kabupaten Jepara dan pihak berwenang di Jepara, mengeluarkan imbauan dini untuk memastikan keamanan aktivitas wisata pantai selama rangkaian libur Idul Fitri. Seluruh perahu wisata harus memiliki surat izin berlayar dan dilengkapi pelampung (life jacket).

“Paguyuban perahu wisata harus memastikan perahunya dalam kondisi baik dan memiliki surat izin berlayar yang dikeluarkan oleh pihak berwenang,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Edy Sujatmiko saat menyampaikan materi pada acara High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Gedung Shima Jepara, Jawa Tengah, pada Kamis, 13 April 2023.

Selain dua ketentuan itu, paguyuban perahu wisata juga harus menyiapkan tempat duduk untuk penumpang. Kewajiban menyediakan life jacket juga disampaikan kepada pelaku usaha wisata bahari. Mereka umumnya menyediakan persewaan ban, ban donat, banana boat, jetski, dan sejenisnya.

“Dilarang menempatkan penumpang di atas atap,” tegas Sekda Edy Sujatmiko.

Pemkab Jepara Gelar Pasar Murah Siapkan 17 Ton Kepokmas Subsidi

Selain syarat terkait keamanan pengguna jasa, Sekda Edy Sujatmiko juga mewajibkan pelaku wisata mencantumkan tarif sewa dengan jelas.

“Selain itu, penempatan peralatan atau wahana tidak boleh mengganggu kenyamanan wisatawan. Kepala Disparbud (Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, red) harus memastikan ini,” ujarnya.

Kebijakan tersebut didukung Kapolres Jepara AKBP Warsono. Polres Jepara akan mendirikan pos pantau di semua lokasi wisata untuk memastikan keamanan pengunjung.

Pemkab Jepara Ajukan Pelepasan Hak Hutan untuk Bangun Fasilitas Umum

Pos pantau ini menjadi bagian dari pelengkap Operasi Ketupat yang segera digelar. Jeda waktu sebelum liburan, kata Warsono, harus dimanfaatkan untuk menyiapkan sistem keamanan.

“Misalnya membuat batas berenang. Buat imbauan. Tempatkan petugas untuk mengantisipasi kerawanan sejak dini,” kata AKBP Warsono.

Terkait hal itu, Komandan Kodim 0719/Jepara Mokhamad Husnur Rofiq menyebut pihaknya sudah menyiapkan personel dan materiil untuk mendukung Operasi Ketupat Polres Jepara.

“Berapa pun yang dibutuhkan, sudah kami siapkan,” ucap Mokhamad Husnur Rofiq. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version