Harga dan Stok Bahan Pokok di Kudus Terus Dipantau selama Ramadhan

Harga dan Stok Bahan Pokok di Kudus Terus Dipantau selama Ramadhan

MONITORING: Kasat Reskrim Polres Kudus, Dispertan, dan Disdag sidak ke pasar untuk memastikan harga bahan pokok tetap stabil. (Ihza Fajar/Lingkar.news)

KUDUS, Lingkar.news Dinas Perdagangan (Disdag), Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertan) Kabupaten Kudus, serta jajaran Reskrim Polres Kudus, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar, pada Kamis, 30 Maret 2023. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan harga bahan pokok tetap stabil.

Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kudus, Jawa Tengah, Minan Mochamad mengungkapkan, pada bulan Ramadhan dan persiapan Lebaran ini pihaknya akan terus memantau harga di pasar agar tidak terjadi kenaikan dan menghindari kecurangan harga.

“Kami akan terus memantau harga di pasar jelang Lebaran ini, dalam komoditi bahan baku ini memang diprediksi akan ada yang naik, itu pasti. Namun jangan sampai kelewatan atau terlalu tinggi,” kata Minan.

Ia mengaku terjun langsung salah satunya ke Pasar Bitingan, Kabupaten Kudus untuk memastikan harga dan stok bahan pokok di Kudus saat Ramadhan dalam kondisi aman.

“Kami meninjau ke pedagang beras, bawang, cabai, hingga telur yang ada. Hasil dari peninjauan dikatakan bahwa harga dan stok hingga hari ini masih aman dan sesuai dengan laporan,” jelasnya.

Di sisi lain, Kasat Reskrim Polres Kudus AKP R Danang Sri Wiratno menyampaikan, giat pemantauan semacam ini rutin dilakukan dan akan berlanjut hingga menjelang Lebaran nanti. 

Pihaknya memastikan akan terus melakukan giat pemantauan secara masif. Bahkan, AKP Danang menyebut, telah memiliki Tim Pangan yang digerakkan untuk memantau kondisi komoditas bahan pokok di pasar.

“Yang jelas kita ada tim, yaitu Tim Pangan. Makanya, tiap hari kita selalu koordinasi kaitannya dengan naik turunnya harga sembako khususnya di wilayah Kudus,” jelasnya.

AKP Danang menyebut kegiatan ini juga dilakukan untuk memantau dan mengendalikan lonjakan harga saat menjelang Hari Raya Idul Fitri mendatang.

“Nanti kita harapkan sampai Lebaran tetap aman, tapi untuk sekarang masih aman dan masih cukup untuk mencukupi kebutuhan di Kudus,” tandasnya. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)

Exit mobile version