Grebek Besar Demak Sukses Digelar, Pemkab akan Terus Hadirkan Inovasi Baru

BERIRINGAN: Bupati Demak, Eisti’anah, sampai di depan pintu masuk Makam Sunan Kalijaga, Kadilangu dalam rangkaian acara Grebek Besar Demak pada Senin, 17 Juni 2024. (M. Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

BERIRINGAN: Bupati Demak, Eisti’anah, sampai di depan pintu masuk Makam Sunan Kalijaga, Kadilangu dalam rangkaian acara Grebek Besar Demak pada Senin, 17 Juni 2024. (M. Burhanuddin Aslam/Lingkar.news)

DEMAK, Lingkar.news Perayaan tradisi Grebek Besar Demak tahun 2024 berlangsung meriah. Masyarakat Kabupaten Demak dan sekitarnya antusias menyaksikan kemeriahan prosesi iring-iringan prajurit patang puluhan yang mengawal Bupati Demak, Eisti’anah, dan pembawa ubo rampe minyak penjamasan menuju Makam Sunan Kalijaga, Kadilangu, Demak.

Dalam iring-iringan tersebut, Bupati Demak bersama Forkopimda dan pejabat lainnya berpakaian adat Jawa dengan menaiki dokar menuju Makam Sunan Kalijaga.

Sepanjang jalan yang menjadi rute iring-iringan yakni dari Pendopo Kabupaten hingga depan pintu masuk makam Kadilangu dipadati masyarakat yang ingin menyaksikan secara langsung tradisi yang digelar tahunan tersebut.

Bupati Demak, Eisti’anah, menyampaikan bahwa iring-iringan prajurit patang puluhan tersebut merupakan puncak acara dari rangkaian Grebeg Besar Demak 2024. 

Tak hanya itu setiap tahun Pemerintah Kabupaten Demak terus menghadirkan inovasi baru untuk meramaikan event nasional tersebut agar bisa menarik wisatawan lebih banyak lagi.

“Setiap tahun kita akan mengevalauasi kekurangannya seperti apa kita berinovasi dan menambah sesuatu sebagai daya tarik wisatwan baik dalam maupun luar daerah yang tentunya ini sebagai semangat kita untuk memberikan hiburan dan tontonan bagi masyarakat,” tuturnya.

Kendati demikian, upaya dalam membuat inovasi baru dalam perayaan tersebut tanpa harus meninggalkan pakem yang sudah ada.

“Ini adalah pakem yang sudah ada di Demak sejak dulu yang dipertinjukan dan ditujukan kepada masyarakat,” ujarnya

Ia mengatakan bahwa Kabupaten Demak kaya akan budaya dan tradisi khas yang harus dijaga dan dilestarikan oleh generasi selanjutnya.

“Kami pesan, tentunya generasi penerus lebih mengenali dan lebih melestarikan budaya atau peninggalan para leluhur,” pesannya.

Eisti’anah menambahkan bahwa Pemkab Demak komitmen untuk membangun sinergi dan kolaborasi dengan pihak Kadilangu untuk Demak lebih baik lagi. 

“Memang sebelumnya kita jarang mengikuti agenda dari kasepuhan sendiri, tapi sekarang kita berkolaborasi biar bisa menyatu. Kita terus bersinergi untuk membawa Kabupatwn Demak ke masa kejayaan,” pungkasnya. (Lingkar Network | M. Burhanuddin Aslam – Lingkar.news)

Exit mobile version