Bawaslu Kendal Launching Komunitas Jarimu Awasi Pemilu dan Posko Kawal Hak Pilih

Bawaslu-Kendal-Launching-Komunitas-Jarimu-Awasi-Pemilu-dan-Posko-Kawal-Hak-Pilih

SAMBUTAN: Koordinator Divisi SDM-O-Diklat Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin saat memberikan sambutan. (Arvian Maulana/Lingkar.news)

KENDAL, Lingkar.news Tepat satu tahun menuju hari pemungutan suara Pemilu 2024, Bawaslu Kendal menggelar Deklarasi Siaga Pengawasan “Satu Tahun Menuju Pemilihan Umum Tahun 2024” di salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Kendal, pada Selasa, 14 Februari 2023.

Koordinator Divisi SDM-O-Diklat Bawaslu Kendal, Arief Musthofifin menjelaskan, sebagai bentuk siaga pengawasan menuju satu tahun Pemilu 2024, Bawaslu Kendal me-launching dua program yakni Komunitas Digital “Jarimu Awasi Pemilu” dan launching Posko Kawal Hak Pilih.

“Komunitas Digital “Jarimu Awasi Pemilu” ini dimana masyarakat umum bisa menjadi partisipasi disana, untuk mengawasi jalannya pemilu melalui website Jarimu Awasi Pemilu. Sedangkan Posko Kawal Hak Pilih ini adalah posko yang ada di setiap Kantor Bawaslu dan Panwaslu,” terang Arif.

Arif menegaskan, hak pilih merupakan hak yang dilindungi dan penting untuk menentukan masa depan bangsa. Sehingga diharapkan, melalui launching ini masyarakat diharapkan ikut berpartisipasi dan memberikan masukan dan mengawasi demi suksesnya Pemilu 2024.

“Melalui posko ini berharap masyarakat memberikan masukan bilamana misalnya ada hak pilih yang belum diberikan atau belum ter-cover dalam data hak pilih,” harapnya.

Ditambahkan, pihaknya juga melibatkan mahasiswa sebagai salah satu bagian dari pengawas partisipatif dari unsur pelajar untuk ikut melaksanakan pengawasan pada Pemilu yang akan datang.

Sementara, salah seorang mahasiswa Sekolah Tinggi Islam Kendal (STIK), Sekar Noviliana Putri mengatakan, siap ikut berperan aktif dalam pengawasan Pemilu 2024 melalui website Jarimu Awasi Pemilu. 

“Dengan adanya launching dari Bawaslu ini, dari waktu setahun ini kita juga mempunyai planning supaya lebih baik saat melaksanakan pengawasan pemilu. Harapannya nanti kami bisa membantu Bawaslu dalam mengawasi kegiatan pemilu,” tandasnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

Exit mobile version