Bansos Sembako dan PKH di Jepara Cair, Penerima Bisa Kantongi hingga Jutaan Rupiah

Bansos Sembako dan PKH di Jepara Cair, Penerima Bisa Kantongi hingga Jutaan Rupiah

RAKOR: Sekda Jepara Edy Sujatmiko memimpin rapat Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Kabupaten Jepara di Ruang Rapat R.M.P. Sosrokartono, Setda Jepara. (Tomi Budianto/Lingkar.news)

JEPARA, Lingkar.news Keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah bisa tersenyum lebar. Pasalnya, saat ini mereka bisa mencairkan bantuan tersebut. Tak tanggung-tanggung, satu KPM ada yang menerima bantuan hingga Rp 3,9 juta.

“Jumlah itu diterima KPM yang memiliki komponen terbanyak. KPM yang komponennya paling sedikit menerima Rp 225 ribu,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Jepara Edy Sujatmiko, pada Selasa, 4 April 2023.

Ia yang juga memimpin rapat Tim Koordinasi Bantuan Sosial Pangan Kabupaten Jepara, yang berlangsung di Ruang Rapat R.M.P. Sosrokartono, Setda Jepara. Diketahui, Sekda Edy Sujatmiko merupakan ketua tim tersebut.

Rapat dihadiri perangkat daerah yang masuk dalam tim, termasuk PT Pos Indonesia, Badan Usaha Milik Nasional (BUMN) yang bertugas sebagai lembaga penyalur. Kemudian, Asisten I Sekda Jepara Ratib Zaini, Kepala Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Jepara Edy Marwoto, serta Kepala Kantor Pos Jepara Imam Budiharto.

Peduli Korban Banjir, Pemkab Jepara Salurkan Bantuan Logistik

Menurut Edy Sujatmiko, nominal bantuan hingga Rp 3,9 juta merupakan akumulasi bantuan triwulan pertama tahun ini yaitu mulai Januari sampai dengan Maret.

“Dicairkan sekali. Pencairannya diserahkan ke Kantor Pos. Jadwalnya hingga 7 April 2023 mendatang,” ujarnya.

Selain PKH, bantuan sosial yang juga dicairkan adalah Program Sembako. Meski bernama Program Sembako, namun bantuan diberikan dalam bentuk uang tunai. Besarannya senilai Rp 200 ribu per KPM. Bantuan ini juga diberikan tiga bulan sekaligus yaitu Januari hingga Maret 2023.

“Walaupun dalam bentuk uang, tujuannya tetap untuk mengurangi beban pengeluaran KPM dalam hal pemenuhan gizi,” jelasnya.

Di Jepara, terdapat 120.165 KPM dari kedua program tersebut. Rinciannya, 69.354 KPM penerima bantuan sembako serta 50.811 KPM penerima bantuan PKH dan sembako.

Kepala Kantor Pos Jepara Imam Budiharto mengatakan bahwa, jumlah total bantuan tunai yang akan disalurkan mencapai Rp 108 miliar. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

Exit mobile version