Viral, Jalur Pendakian Gunung Gede Padat seperti Pasar

Viral, Jalur Pendakian Gunung Gede Padat seperti Pasar

TANGKAPAN LAYAR: Para pendaki tampak memadati jalur pendakian Gunung Gede, Cianjur, Jawa Barat. (TikTok @al.baraq/Lingkar.news)

CIANJUR, Lingkar.news – Sebuah video viral menunjukkan jalur pendakian Gunung Gede Pangrango via Gunung Putri padat seperti pasar.

Dalam video yang dibagikan oleh akun TikTok @al.baraq, seperti yang dipantau pada Sabtu, 6 Mei 2023, tampak ada puluhan bahkan mungkin ratusan orang yang ingin naik ke puncak di saat yang bersamaan.

Sehingga, jalur pendakian pun padat dan terjadi kemacetan. Langkah pun harus perlahan karena bergantian dengan pendaki yang lain.

“Pertama kali weekend di Gunung Gede,” tulis akun TikTok @al.baraq yang membagikan video tersebut.

Diketahui, Gunung Gede Pangrango sendiri baru dibuka kembali usai liburan Idul Fitri selama 10 hari. Gunung yang berada di Cianjur bertipe stratovolcano ini, berada di ketinggian 3.008 meter dari permukaan tanah dan menjadi satu bagian dengan Taman Nasional Gede-Pangrango.

Dilansir dari forum internet Kaskus, Gunung Gede-Pangrango juga menjadi salah rekomendasi untuk para pendaki pemula. Dalam forum internet tersebut juga mengungkapkan bahwa, pembukaan jalur pendakian ini sudah dimulai sejak Jumat, 28 April 2023 lalu dan bisa mendaftar secara online.

Hal inilah yang dimungkinkan menjadi penyebab banyak orang ramai-ramai melakukan pendaftaran agar bisa mendaki Gunung Gede hingga memunculkan kepadatan pendaki di Gunung Gede, seperti dalam video tersebut.

Menurut beberapa komentar, bukan pertama kali pendakian Gunung Gede via Putri mengalami kepadatan seperti ini. Kabarnya suasana seperti ini kerap terjadi di weekend sehingga membuat orang kapok.

Para pendaki juga diimbau untuk tetap mematuhi peraturan yang ada, seperti tidak menyalakan flare atau bom asap dan selalu menjaga kebersihan serta tidak melakukan hal-hal yang tidak baik selama berada di gunung.

“Jangan lupa, Jangan buang sampah sembarangan. Jangan kotori alam,” kata salah satu netizen yang mengomentari unggahan tersebut. (Lingkar Network | Lingkar.news)

@al.baraq

Pertamakali wekend di gunung gede 🤌

♬ suara asli – Gulaaren
Exit mobile version