Pisang Goreng, Dessert Paling Enak Nomor 1 di Dunia Versi Taste Atlas

Pisang-Goreng,-Dessert-Paling-Enak-Nomor-1-di-Dunia-Versi-Taste-Atlas

TERSAJI: Pisang goreng terpilih jadi dessert nomor 1 paling enak di dunia. (Instagram @reeta.syukree/Lingkar.news)

Lingkar.news – Pisang memang cukup banyak ditemukan di kawasan tropis seperti Indonesia. Orang Indonesia juga dikenal kreatif dalam mengolah jajanan berbahan dasar pisang. Mulai digoreng biasa, dikukus hingga dijadikan makanan kekinian semacam pisang cokelat, bolu dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Taste Atlas, Pisang goreng merupakan jajanan sehari-hari yang umum disantap di seluruh Indonesia. Pisang goreng juga mudah ditemukan di berbagai tempat, seperti di warung pinggir jalan dan gerobak.

Untuk membuat pisang goreng, buah pisang tidak hanya digoreng dengan minyak panas. Namun, buah pisang dipotong terlebih dulu dan diberi adonan sebelum digoreng sampai berwarna keemasan.

Pisang goreng biasanya menjadi salah satu camilan yang biasa disajikan pagi hari oleh masyarakat Indonesia. Namun, seiring berjalannya waktu, pisang goreng bisa dinikmati kapan saja dan di mana saja.

5 Alasan Orang Indonesia Suka Makan Gorengan, Kamu Juga?

Pisang goreng kekinian disajikan dengan cara lebih beragam, ditaburi gula halus atau kayu manis, cokelat, atau diberi topping es krim.

Diketahui, Taste Atlas menyusun resep otentik, ulasan makanan, dan artikel penelitian tentang bahan dan hidangan populer di seluruh dunia. Taste Atlas menilai pisang goreng merupakan salah satu jajanan yang sering disantap oleh masyarakat Indonesia dalam sehari-hari.

Daftar 10 Besar Dessert Terbaik di Dunia

Dilansir dari laman Taste Atlas, berikut ini 10 deretan dessert terbaik dari berbagai negara di dunia. Apa saja?

  1. Pisang Goreng dari Indonesia, skor 4,6
  2. Bola de Berlim dari Portugal, skor 4,5
  3. Pastelitos Criollos dari Argentina, skor 4,5
  4. Fouskakia dari Yunani, skor 4,5
  5. Krapfen dari Austria, skor 4,4
  6. Quarkballchen dari Jerman, skor 4,4
  7. Picarones dari Peru, skor 4,4
  8. Bomboloni dari Italia, skor 4,4
  9. Churros dari Spanyol, skor 4,3
  10. Beignets dari Perancis, skor 4,3

Menikmati Pisang Goreng dengan Sambal

Pisang goreng zaman sekarang telah mengalami banyak sekali perkembangan. Ada pisang goreng yang menggunakan keju, cokelat dan masih beragam lagi. Tapi sebenarnya sudah ada variasi pisang goreng yang tak kalah unik, yaitu pisang goreng yang di makan dengan sambal.

Pisang goreng yang dipakai pun bukan sembarang pisang. Melainkan pisang goroho yang banyak ditemukan di Manado dan Gorontalo. Namun karena pisang ini sendiri terbatas, terkadang juga diganti dengan pisang tanduk.

Rasa pisang yang sedikit manis dan gurih menjadi perpaduan yang nikmat dengan pedasnya sambal. Untuk tipe sambalnya sendiri, biasanya yang dipakai adalah sambal ikan roa. Sambal ini sendiri memang populer sebagai sambal khas Sulawesi khususnya Manado.

Cara memakannya pun cukup mudah, yaitu dengan mencocol pisang goreng ke sambal ikan roa lalu dimakan. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version