Makanan Tradisional Unik yang Harus Kamu Cicipi, Ada Semar Mendem

Makanan Tradisional Unik yang Harus Kamu Cicipi, Ada Semar Mendem

TERSAJI: Semar Mendem, salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang mempunyai nama unik. (Instagram @erfinaerlistjan/Lingkar.news)

Lingkar.news – Jika kamu sedang berburu makanan tradisional yang cantik dan manis, kamu wajib mencicipi kue tradisional berikut ini.

Kue tradisional ini tentu akan membuat kamu mengetahui kelezatan masakan Indonesia dengan beragam cita rasa ke khasnya.

5 Makanan Tradisional Rendah Karbohidrat, Cocok Untuk Diet

1. Semar Mendem

Makanan tradisional yang pertama adalah Semar Mendem. Semar Mendem adalah nama lain dari lemper yang dibungkus telur dadar. Semar mendem tampil dengan warna kuning dari telur dadar dengan bentuk lebih gemuk daripada lemper.

Makanan tradisional ini terbuat dari beras ketan, lalu diberi isisan abon atau ayam suwir. Dinamakan dengan Semar Mendem karena, konon makanan ini memiliki cita rasa yang lezat. Sehingga penikmatnya tidak bisa berhenti mengunyah seperti ” orang mabuk” alias ketagihan.

2. Kue Lumpur

Makanan tradisional yang kedua adalah kue lumpur. Makanan ini terbuat dari bahan utama yakni kentang, tepung terigu, gula, dan telur. Kue lumpur terinspirasi dari kue khas Portugis yang disebut pasteis de nata.

3. Kue Putri Mandi

Makanan tradisional yang ketiga adalah kue putri mandi. Makanan ini merupakan salah satu jajanan khas yang berasal dari daerah Sumbawa.

Kue yang berbahan dasar ketan dengan isian ini memiliki cita rasa lezat dan lembut. Dinamakan kue putri mandi karena, biasa dihidangkan lengkap dengan siraman vla santan yang diibaratkan mandi.

4. Sumping Tanah

Makanan tradisional yang keempat adalah sumping tanah. Kue sumping tanah ini adalah kue taradisional asal Jambi. Kue yang berbahan dasar tepung beras ini memiliki rasa manis dan legit karena menggunakan pisang uli dan gula aren.

Dilansir dari laman Warisan Budaya Kemdikbud, nama sumping tanah diperkirakan berasal dari bentuk kue yang tekstur bagian atasnya kasar karena bergula merah, sehingga menyerupai punggung tokek yang berwarna kecokelatan seperti tanah. Kue ini sering menjadi sajian dalam acara berbuka puasa.

5. Hawug-Hawug

Makanan tradisional yang kelima adalah Hawug-hawug. Hawug-hawug terbuat dari biji mutiara yang telah di cuci, kemudian dicampur dengan kelapa parut, gula pasir, dan sedikit garam. Dibungkus dalam daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Hawug-hawug mempunyai rasa yang manis gurih, serta mempunyai aroma yang sedap dari daun pisang.

Itulah beberapa makanan tradisional yang mempunyai nama unik dengan cita rasa khas Nusantara. Apa kamu sudah pernah mencicipi salah satunya. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version