Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Haus saat Puasa Ramadhan, Hindari!

Makanan dan Minuman yang Bikin Cepat Haus saat Puasa Ramadhan, Hindari!

ILUSTRASI: Makanan ringan. (Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news – Saat berpuasa, rasa haus adalah hal yang wajar terjadi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tubuh tidak mendapatkan asupan air selama berpuasa, sehingga cadangan air dalam tubuh berkurang dan memicu rasa haus.

Aktivitas fisik dan cuaca panas dapat menyebabkan tubuh mengeluarkan lebih banyak keringat, sehingga dehidrasi dan rasa haus pun meningkat.

Meski demikian, terdapat makanan dan minuman yang bisa menyebabkan kamu cepat merasa haus saat menjalankan ibadah puasa. Apa saja?.

5 Tips agar Tidak Cepat Haus saat Puasa Ramadhan

1. Makanan Asin

Makanan asin mengandung natrium tinggi yang mengganggu keseimbangan kadar air dalam tubuh. Hal ini menyebabkan tubuh berusaha mengeluarkan kelebihan natrium melalui urin, sehingga lebih banyak air yang dikeluarkan dan rasa haus pun meningkat. contoh makanan asin adalah keripik kentang.

2. Makanan Tinggi Gula

Gula yang berlebihan dapat menarik air dari dalam sel ke dalam aliran darah, sehingga sel-sel tubuh menjadi dehidrasi dan memicu rasa haus.

3. Minuman Berkafein

Kafein memiliki efek diuretik yang meningkatkan frekuensi buang air kecil, sehingga tubuh kehilangan lebih banyak air dan menyebabkan dehidrasi. Misalnya kopi, teh, dan minuman berenergi.

4. Makanan Berminyak

Makanan berlemak membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna, sehingga dapat memperlambat penyerapan air dan membuat tubuh merasa lebih haus. contohnya gorengan, makanan bersantan, dan daging berlemak.

Agar kamu kuat berpuasa seharian hindari makanan dan minuman di atas, terutama saat sahur. Konsumsi makanan kaya air seperti buah-buahan dan sayur-sayuran.

Kemudian minum air putih yang cukup saat sahur dan buka puasa. Jangan lupa hindari minuman manis dan bersoda, jika perlu hindari beraktivitas di luar ruangan saat cuaca panas. Semoga informasi ini membantu. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version