Bakal Disubsidi Rp 8 Juta, Ini Sederet Motor Listrik Buatan Indonesia

Bakal-Disubsidi-Rp-8-Juta,-Ini-Sederet-Motor-Listrik-Buatan-Indonesia

Motor Listrik United. (Instagram united.motorlistrik.jateng/Lingkar.news)

Lingkar.news – Pemerintah berjanji akan memberikan subsidi bagi setiap pembelian kendaraan listrik yang mempunyai pabrik di dalam negeri.

“Jumlah subsidinya akan kami hitung, tapi kira-kira untuk motor listrik baru diberi insentif Rp 8 juta, sementara motor konversi diberikan insentif Rp 5 juta,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, belum lama ini.

Sejalan dengan itu, ternyata saat ini sudah ada sejumlah nama yang mulai meramaikan industri motor listrik di dalam negeri.

Tidak banyak yang tahu, jika Indonesia telah memproduksi sepeda motor listrik dalam jumlah yang cukup banyak.

Penggunaan kendaraan bermotor listrik terus digalakkan untuk mencegah peningkatan emisi karbondioksida yang berbahaya.

Berikut ini sederet motor listrik buatan Indonesia yang tidak kalah kualitasnya dengan produksi luar negeri, yaitu:

1. Viar Q1

Viar Q1 cukup layak dipinang. Desain modern minimalis dan teknologi motor listrik, jadi poin utamanya.

Tenaga yang dihasilkan cukup baik, top speed bisa diraih hingga 60 km/jam. Jarak tempuh pun mencapai 70 km. Tapi perlu diingat, pengisian daya baterai memakan waktu 5-7 jam.

Oleh karena itu, siapkan waktu jika ingin mengendarainya. Harga Q1 adalah Rp 18,95 Juta.

2. Gesits

Gesits menawarkan era baru berkendara motor dengan tenaga listrik. Produksinya dilakukan di pabrik PT Wika Industri dan Konstruksi yang berlokasi di Citereup, Bogor.

Dilihat dari desainnya, Gesits tampak mirip Honda Vario 150 eSP. Bodinya kekar dan gagah untuk sebuah skuter.

Suspensi depannya jenis teleskopik dan belakang monoshock. Sumber daya Gesits berasal dari baterai 5.000 wh atau 5 kWH, yang mampu menggerakkan generator bertenaga 5 kw atau sekitar 6,79 PS. Generator itu juga menghasilkan torsi puncak 15 Nm.

Dalam keadaan baterai penuh, Gesits diklaim bisa melenggang sejauh 80-100 km. Sementara pengisian daya, bisa dilakukan selama 3-4 jam dari posisi baterai kosong sampai penuh.

Menariknya, baterai Gesits juga bisa diganti atau ditukar dengan mudah sehingga meminimalisir kekhawatiran kehabisan daya selama berkendara. Harga Gesits Electric 2022 di Indonesia dimulai dari Rp 28,7 Juta.

3. Honda PCX Electric

Sensasi tenaga instan bisa kamu rasakan. Begitu tuas gas dipelintir, tenaganya melonjak seketika. Sangat responsif, soalnya PCX tak punya transmisi.

Energi listrik diolah langsung ke motor yang melekat di roda belakang. Hati-hati, ada torsi sebesar 18 Nm yang siap memuncak dalam sekejap di rentang 500 rpm saja.

Untuk perbandingannya, motor sport 150 cc lambang sayap, Honda CBR150R hanya punya torsi 14,4 Nm. Itupun baru memuncak di level 7.000 rpm. Terbayang kan bagaimana akselerasi PCX listrik?.

4. BF Goodrich

BF Goodrich tidak hanya menjual motor listrik beroda dua, tetapi juga beroda tiga. Varian yang ditawarkannya pun cuku beragam, BF Goodrich berani menjual 10 jenis produk motor listrik yang berbeda.

Untuk tipe produk yang dapat digunakan dalam aktivitas sehari-hari yaitu tipe BF G2, BF Q7, BF Small S, dan BF CG.

Keunggulan yang ditawarkan oleh motor listrik BF Goodrich ini adalah penggunaan watt yang rendah tidak sampai 300 watt dan harga yang murah.

Dari keempat tipe motor listrik tadi, harga jual yang paling rendah yaitu Rp 8 juta dan tertingginya di ada di harga Rp 19,8 juta.

5. Quest Motors Atom Alpha

Quest Motors Atom Alpha memiliki tiga tipe yang berbeda yaitu LITE, PLAY, dan Pro. Lama pengisian baterai memakan waktu dari 2 hingga 3,5 jam saja. Harga yang ditawarkan oleh Quest Motors Atom Alpha ini mulai dari Rp 12 juta hingga Rp 16,9 juta.

6. United Motor T1800

motor listrik United Motor T1800 ini hadir dalam 6 varian warna lainnya. Motor listrik ini dapat dioperasikan dengan 4 mode kecepatan yaitu speed 1 dengan kecepatan 50 km/jam, speed 2 kecepatan 60 km/jam, speed 3 kecepatan 65 km/jam, dan turbo dengan laju kecepatan 70 km/jam. Satu unit United Motor T1800 dijual dengan harga mulai dari Rp 27 juta.

7. Selis Eagle Prix

Motor listrik ini didukung oleh baterai dengan kapasitas 48 Volt 20 Ah yang membutuhkan 7 jam hingga baterai terisi penuh.

Jika baterai sudah terisi penuh, Selis Eagle Prix mampu melaju hingga kecepatan maksimal 40 km/jam. Harga jual Selis Eagle Prix dipasaran berkisar dari Rp 12 juta.

8. Elders Elettrico

Motor listrik ini didukung dengan kapasitas daya baterai 52V 24 Ah yang mampu melaju dengan kecepatan maksimal 55 km/jam.

Untuk dapat mengisi daya baterai hingga terisi penuh, motor listrik ini membutuhkan waktu hingga 6 jam. Harga jual motor listrik ini mulai dari Rp 18,5 juta.

9. Elvindo

Elvindo (Electric Vehicle Indonesia) menamai tipe-tipe produknya menggunakan penamaan khas Indonesia seperti Wira, Arjuna, Rama, dan Shinta.

Kecepatan maksimal untuk jenis Elvindo Rama, Shinta, dan Arjuna dapat dikendarai dengan kecepatan 60km/jam.

Sementara, untuk jenis Elvindo Wira, mampu melaju dengan kecepatan maksimal 35 km/jam. Harga motor ini Rp 13,5 juta untuk tipe tertingginya.

10. Rakata

Motor listrik Rakata memiliki 4 jenis produk yang berbeda yaitu NX8, NX3, X5, dan S9, dengan Rakata NX8 menjadi tipe dengan spesifikasi tertingginya.

Pada Rakata X5 misalnya, dilengkapi dengan baterai kapasitas 60V 20 Ah yang mampu melaju hingga kecepatan maksimal 65 km/jam.

Harga jual motor listrik Rakata ini dibandrol mulai dari Rp 20.500.000 untuk area Jabodetabek.

Itulah beberapa deretan sepeda motor listrik buatan Indonesia. Jadi, jika kamu ingin membeli motor listrik, mana yang akan kamu pilih?. (Lingkar Network | Lingkar.news)

Exit mobile version