Sejarah Mille Crepes, Dessert Berlapis Krim yang Viral

Asal-Usul-Mille-Crepes,-Dessert-Berlapis-Krim-yang-Viral

TERSAJI: Red Velvet Mille Crepes. (Instagram @linagui.kitchen/Lingkar.news)

Lingkar.news – Kamu pasti tahu dengan mille crepes. Dessert yang punya tampilan berlapis dan cantik ini memang sedang viral di media sosial. Ternyata, Mille Crepes yang sedang viral itu berasal dari Negara Perancis.

Makanan khas Perancis yang dikenal oleh masyarakat Indonesia tidak hanya macaroon, opera cake, souffle, dan croissant. Namun kini mille crepes pun banyak diburu oleh masyarakat Indonesia.

Dilansir dari Master Class, mille crepes merupakan kue asal Perancis yang terdiri dari lapisan krep tipis dan olesan krim. Berbeda dengan crepes yang hanya selembar, lapisan mille crepes ini umumnya sekitar 18 hingga 22 lembar krep.

Setelah semua bahan itu ditumpuk, mille crepes akan dipotong menjadi beberapa irisan berbentuk segitiga. Setelah itu, barulah mille crepe bisa dinikmati apalagi dalam keadaan dingin.

Asal Usul Mille Crepes

Meski terkenal di Prancis, namun mille crepes pertama kali dibuat oleh Emy Wada. Ia merupakan koki asal Jepang yang memulai bisnis kuliner sejak tahun 1980-an.

Penemuan mille crepes ini pun awalnya tak sengaja. Crepes yang sudah lebih dulu terkenal memiliki kulit yang tipis, sehingga cenderung mudah kering. Untuk mengakalinya, Emy Wada menumpuknya dengan berbagai krim untuk mempertahankan tekstur crepes yang lembut.

Namun, mille crepes yang dibuat oleh Emy Wada ini tidak terlalu manis. Crepes berlapis inilah yang kemudian dikenal dengan nama mille crepes, yang mengacu pada dua dessert Prancis klasi yaitu crepes dan mille-fuille.

Nah, melihat asal usul mille crepes yang pertama kali dibuat tahun 1980-an, berarti makanan ini bukanlah jenis makanan baru, ya. Hanya saja, mille crepes sedang trend an viral di kalangan anak muda karena sering berseliweran di media sosial.

Tips Membuat Mille Crepes

Dilansir dari laman Master Class, ada 7 tips yang bisa kamu ikuti untuk membuat mille crepes yang sempurna, yaitu:

  1. Siapkan tempat yang bersih dan lega. Meski pembuatan mille crepes hanya memerlukan pan, sendok sayur, dan spatula, kamu butuh tempat untuk membuat adonan, mendinginkan, dan menyusunnya untuk menjadi mille crepes.
  2. Dinginkan adonan. Dinginkan adonan krep di lemari es setidaknya selama satu jam untuk membuat crepes lembut dan empuk. Atau kamu juga bisa mendinginkan adonan semalaman di lemari es.
  3. Gunakan mangkuk sebagai cetakan. Jika crepes yang kamu buat tidak terlihat seragam, gunakan piring atau mangkuk sebagai cetakan, dan rapikan pinggiran yang tidak rata, sehingga kue terlihat lebih rapi di sekelilingnya.
  4. Gunakan wajan krep. Wadah memasak ini akan memberikan permukaan wajan antilengket dan menjaga ukuran crepes sama. Gunakan penjepit nilon dan spatula silikon atau nilon agar crepes tidak robek.
  5. Sesuaikan waktu memasak. Wajanmu akan menjadi lebih panas saat kamu terus membuat crepes. Jadi kamu mungkin perlu mempersingkat waktu memasak atau menggunakan api kecil agar tidak gosong.
  6. Dinginkan crepes secara terpisah. Crepes perlu waktu untuk didinginkan sebelum disusun. Hal ini untuk menghindari tekstur crepes yang lembek jika langsung disusun atau ditumpuk saat masih panas.
  7. Jangan mengoleskan krim terlalu banyak. Hal ini untuk menghindari agar crepes tidak bergeser saat ditumpuk. Jika kamu menggunakan krim kocok sebagai isian, tambahkan gelatin untuk menstabilkannya.

Ide Topping Mille Crepes

Jika kamu berniat membuat mille crepes, ada beberapa ide topping yang bisa kamu coba yaitu:

  1. Brown sugar boba, juga bisa dijadikan topping untuk mille crepes, agar membuat dessert yang satu ini terasa kenyal.
  2. Karamel, bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dioleskan di atas mille crepes.
  3. Bubuk kopi. Kamu bisa menaburkan bubuk kopi di atas mille crepes dengan cita rasa tiramisu. Sehingga akan memunculkan sensasinya yabg nikmat dan aroma yang sedap.

Itulah asal usul dan tips membuat mille crepes serta ide toppingnya. Jika kamu berniat membuatnya, kamu bisa mengikuti tips-tips tersebut. Selamat mencoba. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version