6 Jajanan Tradisional hingga Modern yang Terbuat dari Singkong

6-Jajanan-Tradisional-hingga-Modern-yang-Terbuat-dari-Singkong

TERSAJI: Singkong Thailand, salah satu jajanan yang terbuat dari singkong. (Instagram @alunrahma/Lingkar.news)

Lingkar.news – Singkong merupakan umbi-umbian yang mengandung karbohidrat. Singkong mengandung berbagai nutrisi penting untuk tubuh. Misalnya, sebagai penambah energi dan juga mengendalikan gula darah.

Oleh sebab itu, singkong juga dijadikan bahan untuk membuat jajanan yang lezat. Berikut ini ada beberapa jajanan tradisional hingga modern dengan menggunakan bahan dasar singkong, yang telah dirangkum untukmu. Apa saja?

15 Makanan Khas Ramadhan Terbaru 2023 dari Berbagai Daerah di Indonesia

1. Gethuk Lindri

Jajanan tradisional yang pertama adalah Gethuk Lindri. Gethuk Lindri salah satu jajanan jadul khas Indonesia yang terbuat dari singkong.

Bahan utama getuk lindri adalah singkong, gula pasir, dan kelapa parut. Adonan getuk lindri biasanya diberi pewarna seperti cokelat, hijau, dan merah muda.

5 Makanan yang Sering Dipesan lewat Ojol, Kamu Suka yang Mana?

2. Gatot

Jajanan tradisional yang kedua adalah gatot. Proses membuatnya cukup lama. Jadi ketela pohon dikupas, lalu dibiarkan terfermentasi tanpa ragi dibawah terik panas dan hujan.

Kalau sudah menghitam, baru dipotong kecil-kecil supaya bisa disimpan dalam jangka waktu lama. Kalau sudah namanya menjadi gaplek.

Jika mau memasak, gaplek harus direndam air sehari semalam. Dalam proses inilah higienitas harus terjaga, supaya tidak tumbuh spora yang membahayakan bagi kesehatan. Setelah semalam direndam, gaplek baru dikukus sampai matang.

3. Tape

Tape adalah salah satu jenis makanan yang terbuat dari singkong dan berasal dari hasil fermentasi.

Agar dapat membuat tape, maka dibutuhkan ragi agar tekstur yang dihasilkan dapat lebih lunak dan manis.

4. Combro

Combro adalah jajanan khas Jawa Barat. Nama uniknya berasal dari bahan pembuatannya, yaitu singkong parut yang bagian dalamnya diisi dengan oncom.

Dalam bahasa Sunda, Combro merupakan singkatan dari oncom di jero yang artinya oncom di dalam.

Nah, jajanan tradisional yang identik dengan bentuk bulat lonjong ini sangat populer. Rasa yang khas renyah pedas sangat menggoda lidah.

5. Singkong Goreng Keju

Kenikmatan gurihnya singkong dipadukan dengan taburan keju yang membuat rasanya disukai banyak orang.

Menyantap singkong goreng keju bersama sambil menonton film adalah ide yang tepat untuk memperhangat suasana rumah.

6. Singkong Thailand

Nah, kalau Singkong Thailand sudah masuk ke dalam jajanan modern. Jajanan ini berasal dari Negeri Gajah Putih dengan nama Man Sampalang Cheum. Man sampalang adalah singkong dan cheum merupakan sirup gula.

Jajanan ini enak dan mudah dibuat, apalagi memanfaatkan singkong yang merupakan salah satu bahan murah meriah yang mudah ditemukan di pasar. Sehingga, jajanan ini mungkin cocok di lidah orang Indonesia.

Tak Banyak yang Tahu, Ini 10 Makanan Indonesia Warisan Belanda

Itulah beberapa jajanan tradisional hingga jajanan modern dengan bahan dasar singkong, yang patut kamu coba. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version