5 Cara Mudah Atasi Rasa Insecure saat Rintis Karir

5-Cara-Mudah-Mengatasi-Rasa-Insecure-saat-Merintis-Karir

ILUSTRASI: Seseorang yang mengalami insecure saat merintis karir. (Rawpixel from Freepik/Lingkar.news)

Lingkar.news – Insecure seringkali menjadi salah satu penghambat untuk bisa merintis karir. Insecure adalah perasaan tidak percaya diri atau tidak ada kepastian dalam diri sendiri.

Biasanya orang yang insecure akan mudah merasa cemas, takut, khawatir, dan ragu dengan diri sendiri.

Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk menghilangkan rasa insecure saat kita merintis karir atau bisnis?. Ada 5 cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi rasa insecure agar tak mengganggu karirmu.

6 Cara Mudah Hilangkan Stres saat Jalani Aktivitas Super Sibuk

1. Jangan membandingkan diri dengan orang lain

Seseorang biasanya akan menampilkan versi terbaik dari diri mereka di depan orang lain, terlebih di media sosial. Sehingga, kita tidak bisa mengetahui kebenaran yang sesungguhnya terjadi di belakang layar.

Hal ini karena, bisa saja apa yang orang lain tampilkan tidak sesuai dengan faktanya, Oleh sebab itu, kita tidak perlu repot-repot membandingkan diri kita dengan orang lain.

Membanding-bandingkan justru bisa membuat kita merasa terpuruk. Sehingga, kita menjadi mudah iri dengan apa yang diraih orang lain.

5 Tips Tetap Sehat di Tengah Kesibukan yang Padat

2. Cari mentor

Mentor bisa membantu kita untuk memutuskan pilihan yang tepat dalam membuat strategi. Ketika memiliki mentor, kita akan merasa selalu ada yang mendukung dalam memulai karir baru, sehingga kita mempunyai semangat yang lebih besar.

3. Fokus pada tujuan

Selain kedua cara di atas, kita juga harus fokus pada tujuan. Sebaiknya, kita tidak meragukan diri sendiri dan selalu mencoba terus untuk menggapai cita-cita tentunya diiringi dengan doa.

Dengan begitu, kita akan mulai merasa percaya diri dan tidak lagi merasa insecure saat memulai karir atau bisnis.

4 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Terapkan Kerja Hibrida

4. Pilih bidang yang sesuai

Pilihlah bidang sesuai dengan yang kita kuasai dan kita sukai. Jangan sampai kita memulai merintis karir malah di bidang yang sama sekali tidak dikuasai.

Memilih bidang yang cocok dan sesuai dengan kemampuan diri sendiri, akan membantu kita dalam meningkatkan semangat merintis karir.

5. Berani belajar hal baru

Cobalah kita berusaha untuk tidak tertutup untuk mempelajari hal-hal baru. Semakin tertutup pada hal baru, akan membuat kita semakin tertinggal.

Ketidakinginan untuk mengetahui hal-hal baru bisa membuat kita semakin insecure. Hal ini karena rasa minder kerap muncul pada diri kita.

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan rasa insecure pada diri kita, terlebih untuk kita yang sedang memulai karir atau pun bisnis. (Lingkar Network | Shinta – Lingkar.news)

Exit mobile version